Braunschweig pagi hari…

Tidak jauh berbeda dengan di Indonesia, di sini langit pagi hari cerah berwarna biru dengan matahari yang mulai terbit berwarna jingga yang indah. hari ini berdasarkan islamicfinder matahari terbit pada pukul 07.38, kalau di Indonesia sudah siang. Kalau sholat Shubuh hari ini jadwalnya sekitar pukul 05.47. Bagi saya yang lama tinggal di Tanah Air merasakan perbedaan waktu yang cukup signifikan terutama dalam waktu shalat. Yah begitulah suasana pagi hari disini tidak jauh berbeda dengan suasana di Indonesia, mungkin yang berbeda adalah waktu dan tentu saja suasana alamnya.

sangat beruntung kita memiliki Islamicfinder atau bisa juga gebetszeiten.com yang menyediakan informasi jadwal sholat bagi muslim disini. kehidupan muslim di jerman sangat menarik. disini terdapat kelompok besar Turki baik yang besar di Turki maupun keturunan Turki yang besar di Jerman. Akan tetapi mereka fasih berbahasa Jerman, karena mungkin bisa jadi komunitas Turki sudah hidup lama di Jerman sehingga mereka merasa nyaman tinggal disini, selain itu juga ada pengakuan dari pemerintah.Sejauh ini, Saya menemukan dua masjid utama yang berdekatan dengan kampus TU, yaitu masjid Arab dan masjid Turki. Masjid Arab terletak dekat halte hagenmarkt, sedangkan masjid Turki terletak di dekat halte hamburger strasse. Beberapa waktu yang lalu di masjid Arab terdapat semacam pameran kuliner dan buku yang uang hasil pameran akan disumbangkan ke Suriah kalau tidak salah. Saat membeli dan memakan makanan khas mereka awalnya antusias, tapi ya memang lidah saya lidah Indonesia, sehingga harus ditahan-tahan pas mengunyahnya. entah apa nama makanannya dan itu baru pertama kalinya.

Image

Corak orang-orang di masjid Arab itupun berbeda-beda, ada yang tampangnya orang Jerman namun muslim. tapi ada juga yang memang kelihatan orang Arab/Turki nya.

Semoga Allah memudahkan kehidupan Muslim di negara ini,

Amin.

Kontrakan,

Weststad,08.00 (13.00 WIB)

Tinggalkan komentar